Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Identifikasi Kebutuhan Murid



Cerita Reflektif : 


Ibu dan Bapak Guru, yuk kita lihat kembali keadaan kelas kita! Apakah ada murid yang mempunyai kesulitan dalam belajar? Keadaan seperti apa yang ditampilkan murid? (suka melamun / telat merespon / tidak tuntas mengerjakan tugas dan seterusnya?

Jawaban:

Kesulitan belajar tentu dihadapi oleh seluruh murid dengan berbagai keadaan yang berbeda serta penanganan yang berbeda pula. Itu semua tergantung dari pribadi dan karakter masing-masing murid.


Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Identifikasi Kebutuhan Murid

Latihan Pemahaman :


1. Apa cara yang dapat kita lakukan untuk memvalidasi ragam bahasa yang digunakan sehari-hari oleh murid?

Jawaban : Memperhatikan bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari

2. Cara mengajarkan membaca pada murid SD kelas awal adalah dengan menyebutkan nama huruf dan tanpa konteks. Pernyataan di atas adalah…

Jawaban: Salah


Cerita Reflektif : 

Untuk mengidentifikasi kebutuhan kognitif murid, strategi apa yang ingin Anda lakukan?

Jawaban : Pendekatan dan identifikasi perilaku murid


 Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Menyelaraskan Kebutuhan Murid dengan Tujuan Pembelajaran SMP-SMA

Latihan Pemahaman :


1. Menurut Marcie Nordlund, kita dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi dengan melakukan modifikasi pada ketiga hal ini, kecuali…

Jawaban : Cara berbicara di kelas


2. Bagaimana cara kita mengenali kemampuan dan kebutuhan murid?

Jawaban : Melakukan asesmen diagnostik


3. Salah satu fungsi asesmen diagnostik adalah…

Jawaban: Semua benar


Cerita Reflektif : 


Setelah mempelajari materi ini, strategi yang akan saya lakukan untuk menyelaraskan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran adalah…

Jawaban:

Memperbanyak pembelajaran dengan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari terutama pada lingkungan sekitar.



Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Manajemen Kelas

Latihan Pemahaman :


1. Berikut adalah ragam strategi manajemen kelas campuran yang benar, kecuali…

Jawaban: Menetapkan bahan belajar harus yang diberikan oleh guru.


2. Dalam pengaturan manajemen kelas yang efektif, kita tidak perlu melibatkan murid dalam prosesnya.

Pernyataan di atas adalah…

Jawaban: Salah


Cerita Reflektif : Setelah mempelajari materi ini, praktik manajemen kelas seperti apa yang ingin Anda rubah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas?

Jawaban :

Pembelajaran student center dan melaksanakan asesmen.


3. Bagaimana cara kita mengenali kemampuan dan kebutuhan murid di awal pembelajaran?
A. Melakukan asesmen formatif di tengah proses pembelajaran
B. Melakukan asesmen awal pembelajaran
C. Melakukan asesmen sumatif
D. Semua benar
Jawaban: B. Melakukan asesmen awal pembelajaran


4. Salah satu fungsi asesmen awal pembelajaran adalah...
A. Mengetahui kemampuan prasyarat murid atas suatu materi tertentu
B. Memahami kebutuhan setiap murid
C. Memahami karakteristik murid
D. Semua benar
Jawaban: D. Semua benar



Cerita Reflektif

Setelah mempelajari materi ini, strategi yang akan saya lakukan untuk menyelaraskan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran adalah...
Jawaban: Melakukan asesmen awal pembelajaran untuk Mengetahui kemampuan prasyarat murid atas suatu materi tertentu, Memahami kebutuhan setiap murid dan Memahami karakteristik murid.



Komponen diferensiasi yang paling efektif untuk diterapkan pada pembelajaran:

Video yang kedua:
Memfasilitasi keragaman peserta didik dengan cara memisahkan antara peserta didik yang cepat menangkap materi dengan peserta didik yang lambat dalam menangkap materi yang disampaikan. Hal ini sangatlah penting agar tercapai capaian pembelajaran. Peserta didik dapat belajar sesuai dengan kemampuan dan potensi diri peserta didik. Melalui kegiatan kelompok yang beragam, peserta didik dapat belajar berkolaborasi dengan temannya dengan cara yang lebih efektif dengan begitu maka terciptalah lingkungan belajar yang lebih menarik. Peserta didik lebih antusias dalam belajar dan lebih bersemangat untuk belajar dan tidak malu lagi untuk bertanya jika ada materi atau pun soal yang belum dipahami, karena malu bertanya sesat dijalan.

Video ketiga:
Dengan menyesuaikan materi dan pendekatan sesuai dengan gaya belajar, minat dan kemampuan peserta didik maka setiap peserta didik dapat belajar dengan cara yang paling sesuai untuk peserta didik. Peserta didik cenderung lebih terlibat dan termotivasi ketika peserta didik diberikan pilihan dalam pembelajaran sehingga membuat peserta didik lebih aktif dalam proses belajar, mendorong peserta didik untuk berpikir kreatif dan inovatif. Dengan mengadakan kegiatan praktis yang relevan untuk melihat kemampuan peserta didik dan menerapkan pengetahuan dengan demikian guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran dan peserta didik lebih mudah memahami dan menyerap materi aksara Jawa dengan lebih baik.





Posting Komentar untuk "Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Identifikasi Kebutuhan Murid"